Intermezzo

5 Alasan Mengapa Kita Harus Memiliki Sifat Jujur

Pada saat manusia berada di hubungan yang tidak sehat, pasti ada salah satu diantaranya mau dan rela untuk dibohongi. Untuk hal tersebut dijadikan sebagai salah satu alasan mengapa kita harus memiliki sifat jujur di saat menjalani hidup. 

Mengapa kita harus memiliki sifat jujur? Jujur merupakan salah satu perintah yang berasal dari Allah SWT dan juga teladan dari para rasul nya. Jujur adalah salah satu sikap hati yang lurus, menyatakan sebenar-benarnya dan tidak mengatakan kebohongan atau hal-hal yang menyalahi fakta. 

Selain itu, sifat jujur bisa diartikan sebagai tindakan yang tidak curang dan sesuai dengan aturan yang sedang berlaku. Jujur juga bisa dimaknai dengan kesesuaian antara niat dengan ucapan dan perbuatan dari seseorang. 

Kejujuran pada diri seseorang akan terpancar atau tercermin pada beberapa perbuatan yang baik-baik. Perbuatan yang tidak jujur ini akan menimbulkan ketidakadilan.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai alasan mengapa kita harus memiliki sifat jujur. Sedangkan untuk anda yang penasaran dengan apa saja alasannya, bisa langsung saja simak lebih lengkapnya di bawah ini. 

Baca Juga: 7 Striker Terbaik Sepanjang Masa Dalam Sejarah Olahraga Sepak Bola 

Macam-Macam Alasan Mengapa Kita Harus Memiliki Sifat Jujur Dalam Menjalani Kehidupan 

Berikut ada lima alasan mengapa kita harus memiliki sifat jujur. Kejujuran yang dimaksud adalah jujur dalam perkataan dan juga tindakan. Sebagai berikut alasan kenapa manusia harus jujur dalam menjalani kehidupan: 

1. Tidak ada seseorang yang ada di dunia ini ingin ditipu ataupun dibohongi. Sudah dipastikan setiap manusia yang ada dunia mempunyai kehidupan yang tidak penuh dengan kebohongan. 

Bahkan disaat ada manusia yang menjalani kehidupan dengan banyak kebohongan, biasanya akan dijauhi oleh orang lain. Selain itu, orang  tersebut juga sulit untuk dipercaya oleh orang lain. 

2. Kejujuran merupakan salah satu dasar ketika ingin melakukan perbuatan-perbuatan yang baik lainnya. Jujur adalah salah satu induk dari sikap yang terpuji. Sehingga dengan sikap terpuji tersebut, akan membawa orang di jalur kebaikan yang satu dengan lainnya.

3. Mempunyai sikap yang jujur, akan melahirkan rasa ketenangan diri. Kehidupan dengan rasa jujur ini jauh lebih tenang, tentram dan damai. Hal tersebut akan bertolak belakang dengan sikap yang tidak jujur atau gemar berdusta. 

Hidup seseorang yang gemar berdusta atau berbohong, hidupnya tidak akan bisa tenang. Pikiran tersebut bisa terjadi, karena orang tersebut sedang memikirkan kebohongannya. 

4. Dengan sifat kehidupan secara kerja keras, usaha dan nasib yang baik, bisa mencapai keberhasilan di dalam kehidupan. Maka dari itu, untuk manusia yang ingin lebih mudah mencapai keberhasilan bisa selalu menerapkan kehidupan dengan jujur. 

5. Jujur merupakan salah satu dasar dari sebuah rasa kepercayaan. Bila anda sekali mendapatkan kepercayaan dari orang lain, maka orang tersebut akan percaya seterusnya. 

Berbeda lagi ketika orang tersebut sudah terlanjur merasa dibohongi, pasti orang sekitarnya tidak mudah untuk percaya. Selalu gunakan rasa kepercayaan yang diberikan oleh orang lain sebaik-baiknya. 

Ada salah satu buku yang membahas mengenai mengapa kita harus memiliki sifat jujur. Untuk satu buku tersebut mempunyai judul “Aku Berani Jujur : Serial Buku Cerita Pembangunan Karakter Pada Anak (2015). Buku tersebut karangan dari seseorang yang bernama Yudi. 

Di dalam buku tersebut dijelaskan atau diterangkan secara jelas mengenai kenapa manusia harus mempunyai kehidupan yang jujur. Setiap manusia tidak ada salahnya, ketika mencoba bersikap jujur mulai dari niat terlebih dahulu. 

Ketika dari niat sudah berhasil, maka bisa berlanjut di dalam batin, pikiran, ucapan. Setelah semuanya juga sudah berhasil, bisa melanjutkan jujur di saat melakukan tindakan atau perilaku. 

Sikap kejujuran yang ada di dalam diri manusia ini mempunyai sifat yang tidak boleh putus. Selain itu, bisa dikatakan bahwa kejujuran adalah sikap yang menyerupai seperti rantai atau tidak boleh putus ditengah-tengah jalan. 

Supaya tetap kuat dengan rantai tersebut, manusia bisa menata hati dan batin secara baik. Apabila seseorang sudah melakukan sesuatu hal yang tidak jujur dalam tindakan, maka menjadikan di selanjutnya atau seluruhnya tidak jujur. 

Dengan lantaran tersebut, anda harus meyakini bahwa sebuah sifat kejujuran menjadi salah satu pondasi yang sangat penting untuk menjalani kehidupan. Sifat kejujuran juga harus menjadi bagian yang tidak boleh dipisahkan dari semua kegiatan. 

Pada dasarnya sifat kejujuran ini merupakan sumber dari segala jenis kebaikan. Jangan pernah sekali-sekali mencoba dengan melakukan sesuatu hal yang tidak jujur, seperti yang diketahui sifat tersebut seperti candu atau ingin terus menerus. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai lima alasan mengapa kita harus memiliki sifat jujur. Alasan di atas sudah sangat jelas sehingga sifat jujur memang penting untuk dimiliki. Besar harapan, setelah adanya pembahasan diatas bisa mengurangi jumlah orang yang suka berbohong dengan orang-orang sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button