Piala AFF 2020

Apa Itu Bubble? Aturan yang Bikin Elkan Baggot dan 3 Pemain Lain Dilarang Tampil di Final

TODAYSOCCER – Apa itu aturan bubble yang menyebabkan empat pemain Timnas Indonesia dilarang tampil di final leg kedua Piala AFF 2020 di Singapura, Sabtu (1/1/2021).

Keempat pemain itu di antaranya Elkan Baggot, Rizky Ridho, Victor Igbonefo, dan Rizky Dwi Febrianto.

Sebelumnya, Pemerintah Singapura mengirim surat pemberitahuan ke PSSI, Jumat (31/12/2021) malam.

Keempat pemain itu diklaim pemerintah Singapura melanggar aturan bubble, sehingga dilarang tampil di babak final terakhir.

Jika diterjemahkan, bubble arrinya gelembung. Mengutip Suara.com yang melansir VOA, beberapa negara menerapkan aturan bubble atau travel bubble sejak pandemi Covid-19 melanda.

Ini merupakan kebijakan membuka perbatasan negara secara terbatas, dengan satu negara atau beberapa negara saja.

Aturan ini diterapkan pemerintah Singapura saat pandemi, salah satunya aturan travel bubble dengan Hong Kong.

Pada konteks pandemi, salah satu tujuannya demi menggairahkan lagi perekonomian lintas negara, termasuk mendatangkan wisatawan mancanegara.

Sedangkan dalam olahraga, aturan ini digunakan sebagai protokol kesehatan (prokes) dalam suatu kompetisi selama pandemi Covid-19.

Setiap tim harus mematuhi protokol kesehatan ketat selama kompetisi AFF 2020 berlangsung di Singapura.

Pergerakan tim dari pemain, pelatih, staf, sampai official dibataai selama piala AFF 2020 berlangsung.

Mereka tidak boleh keluyuran dengan leluasa dan harus menetap dalam jangkauan area tertentu. Ini dilakukan untuk menghindari penularan Covid-19.

Jadi, Pemerintah Singapura menghukum keempat pemain Indonesia ini karena dianggap melanggar aturan tersebut akibat sempat meninggalkan kawasan hotel.

PSSI pun disanksi denda oleh Komdis AFF sebesar 10 ribu dolar Singapura atau Rp105 juta pada 23 Desember 2021 lalu.

Itulah sepintas penjelasan mengenai apa itu aturan bubble yang menyebabkan empat pemain Timnas Indonesia dilarang tampil di final leg kedua Piala AFF 2020 di Singapura, Sabtu (1/1/2021).

Apa Itu Aturan Bubble? Elkan Baggott Berikan Klarifikasi

Klarifikasi Elkan Baggot

Sementara itu Elkan Baggott memberikan klarifikasi soal hukuman tersebut melalui unggahan di Instagram Story miliknya, Sabtu (1/1/2022).

Ia membantah sengaja melanggar aturan tersebut dan menurutnya ada miskomunikasi.

“Saya ingin mengklarifikasi kepada penggemar. Kami tak tahu bahwa kami telah melanggar aturan bubble turnamen. Ofisial timnas Indonesia mengatakan bahwa ‘kamu diperbolehkan untuk keluar dari hotel, berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar, serta untuk membeli kebutuhan dasar di toko 7-11 (Sevel).’. Karena itu, kami berani meninggalkan hotel karena kami menganggap hal itu tidak melanggar aturan bubble. Sedangkan apa yang ditampilkan media, membuat kami terlihat sebagai pihak yang salah.” tulisnya.(*/bbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button