Intermezzo

Doa Mandi Wajib beserta Tata Caranya, Lengkap

Mandi wajib atau sering kita sebut dengan mandi junub adalah salah satu ajaran mandi dari islam untuk membersihkan dan mensucikan diri dari hadats besar. Mandi besar sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan ibadah-ibadah lainnya. 

JIka kamu dalam keadaan tidak suci atau sedang junub, maka ibadah yang kamu lakukan tidak sah. Contoh ibadah yang tidak akan sah ketika dilakukan saat junub adalah ibadah sholat, thawaf mengelilingi ka’bah, membaca al-qur’an, dan masih banyak lagi. 

Hal-hal yang menyebabkan kamu harus mandi wajib adalah : 

  • Keluar air mani
  • Pria yang mengalami mimpi basah 
  • Bersetubuh meski tak keluar air mani
  • Bagi perempuan yang mengalami mimpi basah atau ihtilam
  • Telah selesai masa haid (berhenti keluar darah haid)
  • Berhentinya darah nifas
  • Melahirkan
  • Setelah masuk islam
  • Ketika meninggal dunia 

Nah itu tadi beberapa penyebab mengapa kamu harus melaksanakan mandi wajib. Jika salah satu dantara 9 perkara diatas sedang kamu alami, maka bersegeralah untuk mandi wajib agar dapat beribadah dengan nyaman serta diterima oleh Allah SWT. 

Doa Mandi Wajib

Tentunya sebelum melakukan mandi wajib ataupun ibadah lainnya. Hal utama yang harus dilaukan adalah niat untuk melakukan hal tersebut. Kamu sebenarnya bisa melafalkan niat dengan bahasamu sendiri, namun jika kamu juga bisa melafalkan niat seperti dibawah ini : 

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu ghusla lifrafil hadattsil abkari fardhal lillahi ta’aala

Yang artinya : “Saya berniat mandi wajib guna menghilangkan hadas besar, fardhu karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga: 7 Striker Terbaik Sepanjang Masa Dalam Sejarah Olahraga Sepak Bola 

Tata Cara

Mandi wajib sebaiknya tidak dilakukan dengan cara asal-asalan. ada beberapa step yang harus dilakukan secara runtut. 

  1. Pertama, silahkan kamu masuk ke kamar mandi dan silahan ambil air. Jangan lupa untuk membasuh tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali 
  2. Kedua, silahkan bersihkan semua kotoran atau najis yang menempel di semua badan. Pastikan semuanya bersih ya 
  3. Ketiga, Kamu dipersilahkan untuk mengambil wudhu sebagaimana ketika kamu akan wudhu sebelum sholat. Langkah-langkahnya sama. Setelah wudhu jangan lupa pingkasi dengan menyiram kedua kaki dengan air. 
  4. Keempat, Mulailah mandi wajib dengan cara mengguyur kepala dengan air sebanyak tiga kali berturut-turut dan dibarengi dengan membaca niat mandi wajib. Setelah itu, guyurlah bagian badan sebelah kanan sebanyak tiga kali. Lanjutkan mengguyur bagian sebelah kiri sebanyak tiga kali seperti bagian kanan tadi. Selanjutnya silahkan kamu gosok bagian depan maupun belakang badan lamu sebanyak tiga kali. Jangan lupa untuk menyela rambut dan jenggot jika punya. Pastikan air mengalir kesemua bagian tubuh bahkan ke daerah lipatan-lipatan-lipatan di tubuh da juga pangkal rambut. Hindarilah menyentuh kemaluan selama melakukan mandi wajib ini. Jika tak sengaja tersentuh, maka silahkan kamu berwudhu lagi. 

Diantara ke lima tahapan diatas, yang wajib hanyalah berniat ketika melakukan mandi wajib, membersihkan segala najjis yang melekat di tubuh, dan menyiramkan air ke seluruh basah hingga bersih. Selain itu, bagian lainnya merupakan sunnah muakkadah. Meskipun sunnah, kamu tidka boleh meremehkannya. Karena sunnah ini jika dilaksanakan akan mendapat tambahan pahala. 

Menurut Imam al-Ghazali, orang yang mengabaikan sunnah adalah orang yang merugi karena sebenarnya sunnah jika dilakukan akan dapat membantu kamu menambal kekurangan-kekurangan pada ibadah wajib yang kamu lakukan sebagai muslim. 

Nah itu tadi doa, tata cara, dan beberapa kriteria orang yang harus melaksanakan mandi wajib. Semoga kamu dapat melaksanakan mandi wajib dengan benar dan sesuai dengan tuntunan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button