Liga 1 Indonesia

Penonton Liga 1 Bisa Datang ke Stadion Mulai Pekan Depan, Ada Syaratnya

TODAYSOCCER – Kabar baik nih, penonton bisa menyaksikan pertandingan Liga 1 di stadion mulai pekan depan. Meskipun masih uji coba, ini menjadi angin segar bagi para supporter.

Saat ini BRI Liga 1 2021/2022 sudah bergulir dan memasuki putaran kedua atau seri keempat. Seluruh pertandingan berlangsung di Bali.

Dalam diktum ke-8 Inmendagri nomor 01 tahun 2022 terdapat penjelasan yang mengatur rencana keberadaan penonton di pertandingan Liga 1.

Syarat Penonton Liga 1 di Stadion

Di poin keempat, akan dilakukan uji coba pertandingan Liga 1 dengan disaksikan langsung di stadion. Ketentuannya sebagai berikut:

  • Uji coba dilakukan pada satu pertandingan setiap minggunya
  • Jumlah maksimal penonton 25 persen dari kapasitas stadion, paling banyak 5 ribu orang
  • Hanya penonton berkategori hijau aplikasi PeduliLindungi yang bisa masuk stadion
  • Uji coba pertandingan dengan penonton ditentukan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB)

Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa pihaknya jauh hari sudah merencanakan pertandingan dengan penonton terbatas pada seri keempat BRI Liga 1 2021/2022.

PT LIB juga sudah membuat peraturan khusus untuk penonton yang bisa masuk ke stadion yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah.

Adapun beberapa peraturan wajib misalnya penonton harus negatif hasil tes swab antigen dan sudah masuk aplikasi PeduliLindungi.

Kemudian, penonton dan siapa pun tanpa kecuali yang masuk ke stadion harus sudah divaksin dua kali.

Saat ini, sistem dan detail pengaturan rencana penonton di stadion telah dimatangkan. Mulai dari aplikasi yang dipakai, jumlah kapasitas, hingga pengaturan tempat duduk di stadion.

“Insya Allah pekan depan sudah ada penonton dalam pertandingan BRI Liga 1 2021/2022. Tentu dalam jumlah yang terbatas dan penerapan prokes yang ketat,” tuturnya dalam rilis PT LIB, Rabu (5/1/2022).

Ia pun meminta dukungan semua pihak agar patuh dan disiplin. Menurutnya, ini merupakan hajat bersama sehingga dibutuhkan tanggung jawab dan komitmen untuk bisa memuluskannya.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, sangat mendukung kebijakan tersebut. Menurutnya, semua ketentuan penyelenggaraan pertandingan sepak bola akan menyesuaikan peraturan pemerintah. 

“Kami selalu patuh dan taat pada ketentuan yang dikeluarkan pemerintah, termasuk dalam penyelenggaraan pertandingan sepak bola Liga 1 yang rencananya akan dihadiri penonton,” paparnya .

Iriawan menegaskan, detail yang akan ditentukan akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah.(*/bbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Articles

Back to top button