Piala Dunia 2022

Rangking FIFA Indonesia Naik Begini Cara Penghitungannya

Rangking FIFA Indonesia meningkat naik usai jalani laga uji coba melawan Timor Leste, kemenangan atas Timor Leste memberi kenaikan ranking bagi Skuad Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sendiri mengalahkan Timor Leste pada dua laga FIFA Matchday. Skuad Garuda meraih kemenangan 4-1 pada laga perdana (27/1/2022) dan menang 3-0 pada laga kedua (30/1/2022).

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia mengantongi 9,3 poin, dan squad Merah Putih berhak naik peringkat ke urutan ke-160 menggeser Singapura.

Dengan hasil usai menang atas Timor Leste, saat ini Timnas mengoleksi 1001,61 poin. Squad Garuda Tim Nasional Indonesia unggul tipis atas Singapura yang ada di urutan ke-161 dengan raihan 1000,78 poin.

Rangking FIFA Indonesia Naik sebab Singapura Tidak Melakukan Pertandingan

Singapura tidak melakukan pertandingan FIFA Matchday pada akhir Januari 2022.

Hal inilah yang membuat tim The Lions itu tak mendapatkan penambahan poin pada ranking FIFA hingga akhirnya tersalio Timnas Indonesia di Rangking Fifa.

Timnas Indonesia makin berpeluang menaikkan peringkat di ranking FIFA pada laga FIFA Matchday nanti. Pertandingan sendiri akan di selenggarakan pada 21-29 Maret 2022.

Timnas Indonesia sendiri berhak berada di pot 3 Kualifikasi Piala Asia 2023, dengan tim yang berada di peringkat ke-13 sampai 18 pada ranking kecil AFC.

Timnas Indonesia berada berada dipot3 dengan tim nasional Afghanistan, Yaman, Myanmar, Malaysia, dan Maldives. Kualifikasi Piala Asia 2023 sendiri akan akan digelar pada 24 Februari nanti.

Pertandingan penyisihan grup Kualifikasi Piala Asia 2023 sendiri akan digelar pada 8-14 Juni 2022. 6 tim yang jadi juara Grup A-F akan lolos langsung ke Piala Asia 2023 dan ditemani lima runnerup terbaik pada posisi klasemen.

Urutan Ranking FIFA Indonesia dengan Negara Lain:

Mekanisme Penghitungan Ranking FIFA Indonesia

Dilansir dari laman resmi FIFA, Versi baru yang dikembangkan oleh FIFA ini diberi nama “SUM”. Karena bergantung pada penambahan/pengurangan poin yang dimenangkan atau kalah.

Untuk permainan dari total poin sebelumnya daripada rata-rata poin permainan selama periode waktu tertentu seperti pada versi Dunia sebelumnya.

Poin yang ditambahkan atau dikurangi sebagian ditentukan oleh kekuatan relatif dari dua lawan. Termasuk harapan logis bahwa tim yang lebih tinggi di peringkat harus tampil lebih baik melawan tim yang lebih rendah di peringkat.

Rincian lebih lanjut tentang rumus yang digunakan dalam Penghitungan ranking FIFA Indonesia algoritma. Bobot kecocokan, dan karakteristik lainnya dapat ditemukan DI SINI .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button