Piala Dunia 2022

Ranking Indonesia FIFA 2022 Naik Drastis Bikin Girang Pendukung Timnas

TODAY SOCCER – Sejak berakhirnya piala AFC Asia 2019 silam, timnas akhirnya mulai berbenah dengan mendatangkan pelatih atas nama Shin Tae Yong. Pelatih berpaspor Korea Selatan tersebut menjadi pelatih tim Garuda terhitung sejak Desember 2019 silam. Sukses membuat ranking Indonesia dalam FIFA 2022 naik, pelatih Korea tersebut menuai banyak ulasan positif dari para penggemar timnas. 

Lalu bagaimana perjalanan timnas Indonesia dalam menaikkan peringkat FIFA mereka? Berikut penjelasannya!

Ranking Indonesia dalam FIFA 2022

Seperti yang diketahui bahwa terdapat deretan peringkat negara sedunia dalam FIFA. Bulan September lalu timnas Indonesia meraih peringkat 175 dari kurang lebih 190 negara yang tergabung. Tak ingin membuatnya turun, pelatih berkulit putih tersebut mendobrak poin peringkat dalam 9 bulan terakhir. 

Terbukti dengan kemenangannya melawan Taiwan pada playoff piala Asia 2023 Oktober silam menjadikan ranking Indonesia FIFA 2022 naik. Walaupun sempat kalah di bulan November oleh tim Afghanistan dengan skor 1-0. Kekalahannya tersebut masih menjadikan Indonesia memasuki nomor 166. Peringkat timnas naik kembali usai bulan Desember dengan perolehan 164. Dibawah Shin, performa timnas mulai membaik sehingga pada awal Januari lalu timnas mendapat peringkat 160.

Ranking Indonesia terus berlanjut hingga memasuki match grup kualifikasi peserta piala Asia 2023. Dimana grup tersebut dibagi menjadi 6 dengan 4 negara di setiap grup. Garuda memperoleh grup A dengan teman Jordan, Kuwait dan Nepal. Pada pertandingan perdananya, Garuda berhasil mengalahkan tim Al-azraq dengan skor 2-0. Garuda sukses menaikkan peringkatnya menjadi 159 setelah menumbangkan tuan rumah.

Kembali Naik Usai Kalahkan Nepal

Usai menaklukkan tuan rumah, ranking Indonesia kembali naik dengan pertandingan keduanya melawan Red Nepal. Dimana saat itu Garuda menyabet skor 7-0 atas negara tersebut, hal ini menjadikan peringkat Indonesia kembali naik menjadi 155. Ia bersama Thailand dari grup C menjadi Runner up dari grup masing-masing. 

Hasilnya sendiri cukup mengejutkan dimana tim Al-nashama menyabet poin sebanyak 9 disusul kemudian Garuda dengan 6 poin. Peringkat ketiga dalam grup A diraih oleh Al-azraq Kuwait dengan perolehan 3 poin ditutup oleh Red Nepal dengan tidak memperoleh poin sama sekali. 

Cukup mengejutkan sekali bukan? Pelatih asal Korea tersebut mampu mengangkat performa timnas. Semula ranking Indonesia dalam FIFA menduduki 175 dan naik drastis menjadi 155. Kemungkinan besar ranking Indonesia akan naik kembali dan menyusul Vietnam di 100 besar. Ikuti terus informasinya!

Berita Terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Articles

Back to top button